Pura Luhur Sri Rambut Sedana

Biasanya orang-orang bepergian ke Jati Luwih hanya untuk sekedar jalan-jalan, trekking dan bersepeda. Itupun yang pernah saya lakukan dulu sebelum mengetahui bahwa ada Pura Kahyangan Jagad di desa ini. Beberapa bulan sebelumnya kebetulan suami saya diberikan penglihatan lintas tentang adanya sebuah Pura tua peninggalan jaman terdahulu yang terletak di Barat laut dekat perbukitan. Berpatokan dengan hal tersebut kami berusaha menyusuri cerita, gambar dan lokasi sehingga akhirnya dapat menemukan Pura tersebut.

Adalah Pura Luhur Sri Rambut Sedana yang terletak di desa Jati Luwih Kabupaten Tabanan kurang lebih 3km dari objek wisata Jati Luwih. Pura ini berada dikaki bukit dan untuk menjangkaunya kita bisa menggunakan kendaraan (mobil/sepeda motor) namun hanya bisa dilalui oleh 1 mobil (tidak bisa berpapasan). Pura Luhur Sri Rambut Sedana ini merupakan salah satu Pura tertua di Bali yang dipugar pertama kali tahun 1933 dan dengan filsafat "Nyegara Gunung" yang diyakini merupakan sumber penghidupan untuk mahkluk hidup terutama manusia.


Pura Pesucian
Sebelum menuju Pura Utama, kita akan menjumpai Pura Pesucian tempat untuk melukat sebelum memasuki Bangunan Utama. Jarak PUra Sri Rambut Sedana dari Pura Pesucian ini kurang lebih 600m.



Pura Sri Rambur Sedana terdiri dari beberapa pelinggih dan satu pelinggih utama genah dari Hyang Aji Sri Rambut Sedana. Di Pura ini pada saat pemugaran pertama terdahulu ditemukan ratusan uang kepeng (pis bolong) dan kemudian dipendem/ digunakan sebagai pedagingan di Pura ini. Bagi yang ingin melakukan persembahyangan di Pura ini bisa langsung menghubungi Jro Mangku Nengah Sukra yang sebagai Jro Mangku Gede di Pura ini di nomor 082144209822. Semoga Bermanfaat..








Komentar

  1. Silahkan masukkan komentar jika blog ini dapat membantu

    BalasHapus
  2. How to use a titanium plate flat irons for the
    How titanium screws to use a apple watch aluminum vs titanium titanium plate babyliss pro nano titanium flat irons titanium dab nail for the 3D printers. These mens titanium wedding rings types of laser printers provide a unique, fast-jet-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Dasar Dalem Lempuyang

Pura Dalem Balingkang

Pura Ranu Pane