Pura Giri Kesuma

Tidak banyak yang tau tentang keberadaan Pura ini termasuk saya pada awalnya. Dengan berbekal keinginan keras saya beserta keluarga dan beberapa teman akhirnya memutuskan untuk mencoba menelusuri jejak Pura ini. Pura Giri Kesuma terletak di ketinggian 2,928mdpl tepatnya di pinggang Gung Agung yang ditempuh kurang lebih 6 jam perjalanan untuk mencapainya. Jalan yang bisa dilalui adalah jalan dari Pura Tirta Pingit yang terletak 1,5km sebelah utara dari Pura Kiduling Kreteg Besakih. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik meminta panduan dari pemangku di Pura Siwa Gelap Besakih (Mangku Sudiarta) untuk menunjukkan jalan ke Pura Gri Kesuma.

Jalan menuju Pura Giri Kesuma bisa dikatakan extrim dan tidak dianjurkan untuk anak kecil. Banyak jurang dikanan kiri jalannya dan medan yang ditempuh pun cukup terjal. Disarankan untuk menggunakan sepatu, jacket dan membawa peralatan seperti tongkat dan senter. Perlu juga membawa tas ransel kecil untuk membawa makanan seperti roti atau camilan lainnya dan juga air minum.

Lelah akan sangat terobati apabila kita telah sampai di Pura ini dimana auranya sangat..sangat menakjubkan. Hanya terdapat 1 pelinggih yang dipercaya sebagai linggih Ida Hyang Batara Lingsir Putra dan disebelah kirinya terdapat sebuah goa kecil yang terdapat sumber mata air yang disebut dengan Tirta Amerta/Tirta Sanjiwani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Dasar Dalem Lempuyang

Pura Dalem Balingkang

Pura Ranu Pane